Goldblatt, David Aesthetics

Kepalsuan yang "sempurna"

Nelson Goodman

Dikutip dari Languages of Art oleh Nelson Goodman. Hak Cipta © 1976 oleh Nelson
Orang baik. Dicetak ulang dengan izin dari Hackett Publishing Company, Inc.

Pertanyaan kritisnya adalah ini: Apakah ada perbedaan estetika antara dua gambar untuk x pada t, di mana t adalah periode waktu yang sesuai, jika x tidak dapat membedakannya hanya dengan melihatnya di t? Atau dengan kata lain, dapatkah sesuatu yang x tidak dapat membedakan hanya dengan melihat gambar di t merupakan perbedaan estetika untuk x di t? ...

    Jawabannya: Meskipun sekarang saya tidak melihat perbedaan antara gambar-gambar tersebut, saya mungkin belajar melihat perbedaan di antara mereka. Dan fakta bahwa saya nantinya dapat membuat perbedaan persepsi antara gambar-gambar yang tidak dapat saya buat sekarang merupakan sebuah estetika perbedaan di antara mereka yang penting bagi saya sekarang. ... Tapi itu tidak semua. Pengetahuan saya perbedaan antara dua gambar, hanya karena itu mempengaruhi hubungan hadir ke masa depan, menginformasikan karakter penampilan saya saat ini. Pengetahuan ini memerintahkan saya untuk melihat dua gambar secara berbeda sekarang, bahkan jika apa yang saya lihat adalah sama. ...

    Misalkan saya dapat dengan mudah membedakan dua gambar tetapi tidak dapat membedakan siapa yang melukis kecuali dengan menggunakan beberapa perangkat seperti fotografi sinar-X. Apakah fakta bahwa gambar itu ada atau tidak ada? tidak oleh Rembrandt membuat perbedaan estetika? Apa yang terlibat di sini adalah diskriminasi bukan dari satu gambar dari yang lain tetapi dari kelas lukisan Rembrandt dari kelas lukisan lainnya. Kesempatan saya untuk belajar membuat diskriminasi ini dengan benar—dari menemukan karakteristik yang dapat diproyeksikan yang membedakan Rembrandts secara umum dari non- Rembrandts—sangat bergantung pada rangkaian contoh yang tersedia sebagai dasar. Jadi faktanya bahwa gambar yang diberikan milik satu kelas atau yang lain penting untuk saya ketahui di belajar bagaimana membedakan lukisan Rembrandt dari orang lain. Dengan kata lain, sekarang (atau masa depan) ketidakmampuan untuk menentukan kepengarangan gambar yang diberikan tanpa menggunakan peralatan ilmiah tidak menyiratkan bahwa kepengarangan tidak membuat perbedaan estetika bagi saya; untuk pengetahuan tentang kepengarangan, tidak peduli seberapa diperoleh, dapat berkontribusi secara material terhadap pengembangan saya kemampuan untuk menentukan tanpa peralatan seperti itu apakah ada gambar atau tidak, termasuk yang ini pada kesempatan lain, adalah oleh Rembrandt.

    Kebetulan, satu teka-teki yang agak mencolok mudah dipecahkan dalam istilah ini. Ketika Van Meegeren menjual fotonya sebagai Vermeer asli, dia menipu sebagian besar yang berkualifikasi terbaik ahli; dan hanya dengan pengakuannya penipuan itu terungkap. Saat ini bahkan cukup mengetahui orang awam heran bahwa setiap hakim yang kompeten bisa mengambil Van Meegeren untuk seorang Vermeer, begitu jelas perbedaannya. Apa yang telah terjadi? Tingkat umum dari kepekaan estetika hampir tidak meningkat begitu cepat sehingga orang awam saat ini melihat lebih tajam daripada ahli dua puluh tahun yang lalu. Sebaliknya, informasi yang lebih baik sekarang di tangan membuat 18 Nelson Goodman diskriminasi lebih mudah. Disajikan dengan satu gambar yang tidak dikenal pada suatu waktu, ahli itu telah untuk memutuskan apakah cukup seperti Vermeers yang dikenal oleh artis yang sama. Dan setiap saat Van Meegeren ditambahkan ke kumpulan gambar yang diterima sebagai Vermeers, kriterianya untuk penerimaan dimodifikasi demikian; dan kesalahan Van Meegerens selanjutnya untuk Vermeer menjadi tak terelakkan. Sekarang, bagaimanapun, tidak hanya Van Meegerens telah dikurangi dari kelas preseden untuk Vermeer, tetapi juga kelas preseden untuk Van Meegeren telah didirikan. Dengan dua kelas preseden ini di depan kita, karakteristiknya perbedaan menjadi begitu mencolok sehingga memberi tahu Van Meegerens lain dari Vermeers menawarkan sedikit kesulitan. Pakar kemarin mungkin akan menghindari kesalahannya jika dia memiliki beberapa dikenal Van Meegerens berguna untuk perbandingan. Dan orang awam hari ini yang begitu cerdik melihat Van Meegeren mungkin akan ketahuan mengambil benda sekolah yang cukup rendah untuk seorang Vermeer.


Review :

Berdasarkan pertanyaan kritis pada buku Goldblatt, David - Aesthetics yang memiliki sub bab berjudul The "Perfect" fake oleh Nelson Goodman. Menciptakan jawaban yang cukup rumit yang bisa membuat perbedaan persepsi antara gambar - gambar yang bisa dibuat sekarang dan gambar - gambar yang akan dibuat pada waktu kedepannya. 

Sebagai comtohnya jika ada dua Gambar yang terpampang kita akan mengetahui perbedaan antara gambar A dan gambar B, namun kita belum tentu bisa membedakan kedua gambar tersebut berdasarkan siapa pelukisnya.

Hal yang menjadi masalah perbedaan pada masalah ini bukanlah perbedaan antara bentuk gambar satu dan yang lainnya melainkan tingkatan berdasar pada kepengarangannya. Dan saya setuju bahwa kepengarangan tidak berpengaruh pada perbedaan estetika selama dapat berkontribusi secara material terhadap pengembangan kemampuan untuk menentukan tanpa peralatan seperti apakah ada gambar atau tidak. Seperti pada Van Meegeren yang menjual foto nya sebagai Vermeer asli.

Komentar